Ini nih, kiat sukses melamar pekerjaan di bursa kerja

  • Whatsapp
kiat sukses melamar pekerjaan
kiat sukses melamar pekerjaan / okezone.com

Kamu pernah ikut acara-acara bursa kerja / job fair diadakan di kota Kamu? Bila Ya, mungkin saja Kamu akan terasa bingung karena begitu banyak perusahaan yang yang buka penerimaan calon karyawan mereka. Serta rata-rata nyaris semuanya lowongan kerja yang di buka waktu itu sesuai dengan ketertarikan serta kompetensi Kamu. Sayangnya, Kamu tidak mempersiapkan CV yang sangat banyak. Atau juga copy CV telah cukup, tetapi Kamu “malas” isi formulir-formulir yang perlu di isi oleh tiap-tiap calon pelamar, jadi Kamu mesti mengubah kiat melamar waktu ikuti bursa kerja.

Situasi bursa kerja yang padat serta ramai akan membuat Kamu tidak (atau kurang) berkonsetrasi dalam isi formulir yang diharuskan untuk di isi. Belum juga mesti berdesak-desakan waktu lihat pengumuman lowongannya yang ditempel pada dinding setiap booth perusahaan. Supaya perjalanan Kamu mencari kerja di bursa karier itu jalan lancar, tersebut beberapa tips yang dapat Kamu ikuti sebelumnya pergi kesana.

Read More

Kiat dan langkah efektif supaya berhasil melamar pekerjaan di acara bursa kerja

1. Cermati perusahaan peserta pameran

Umumnya iklan bursa karier seringkali disiarkan di beberapa media bikin. Di bawahnya ada logo-logo peserta perusahaan. Cari perusahaan sebagai incaran Kamu untuk melalui karier serta abaikan yang menurut Kamu tidak relevan dengan gagasan karier Kamu. Katakanlah dari 100 perusahaan, Kamu cuma mengincar 20 perusahaan saja. Buat kopi CV sejumlah 25 jadi cadangan jika ada lowongan dari perusahaan beda yang kebetulan juga sesuai sama bagian Kamu.

2. Pahami tentang Layout

Umumnya dimuka pintu masuk bursa kerja senantiasa ditempelkan layout atau tata letak booth-booth pameran. Tekuni lebih dahulu dimana sebagian tempat perusahaan yang akan Kamu lamar. Kemudian, cermati pintu masuk dan keluarnya serta susunlah flow perjalanan Kamu hingga dapat hindari titik-titik yang padat. Tidak semuanya booth perusahaan mesti Kamu datangi serta Kamu cermati satu persatu. Cukup mencari sebagai tujuan Kamu serta mintalah formulir jika mereka menyiapkannya.

3. Kumpulkan formulir

Waktu terima formulir, janganlah cepat-cepat segera isi. Kamu tambah baik berkeliling-keliling dahulu ke semua ruang pameran serta memperoleh formulir dari perusahaan yang telah Kamu bikin daftarnya barusan. Sesudah terkumpul semuanya, cari ruang yang nyaman untuk mengisinya sekalian. Kemudian Kamu dapat kembali berkeliling-keliling untuk menyerahan CV serta formulit yang sudah di isi.

4. Sepi peminat

Bila Kamu seseorang fresh graduated yang sedang mencari pengalaman kerja, bukanlah untuk melalui karier di bagian spesifik, sebaiknya juga memerhatikan sebagian booth perusahaan yang “sepi peminat”. Perusahaan begini umumnya tidaklah terlalu di kenal, atau tawarkan tempat yang tidaklah terlalu disukai. Kadang-kadang dapat pula karna kualifikasinya yang sangat tinggi. Keunggulan melamar di perusahaan begini yaitu Kamu tidak memperoleh banyak saingan. Tetapi kekurangannya, mungkin saja tawaran upah serta fasilitasnya tidak cocok harapan Kamu. Untuk langkah awal dalam mencari pekerjaan, langkah tersebut cukup direferensikan.

5. Minta kontak

Bila sangat mungkin, mintalah nomor serta nama kontak penjaga stan pameran itu. Namun janganlah salah memohon, karna kadang-kadang penjaganya yaitu SPG yang memanglah bukan karyawan perusahaan. Kamu dapat bertanya apakah yang terima CV Kamu itu yaitu sisi HRD atau bukanlah. Bila memanglah staf departemen sumber daya manusia, mintalah nama serta nomor kontak mereka. Semakin bagus bila Kamu telah mempersiapkan kartu nama juga untuk ditukar. Kelak sesudah lewat 1 minggu, Kamu dapat menegur lewat pesan singkat serta bertanya keberlanjutan sistem rekruitmen yang dikerjakan oleh pihak perusahaan itu.

Beberapa cara diatas untuk membuat sistem melamar kerja Kamu akan berjalan lebih efisien dan efektif. Selamat coba!


Source: hiredtoday

  • Whatsapp

Related posts