Tempat-tempat wisata asyik di Bengkulu

  • Whatsapp
tempat wisata asyik di bengkulu © 2017 - anakUNIB.com
Gagah dan kokoh Tugu Thomas Parr / flickr

Bengkulu adalah rumah, tempat belajar memahami kehidupan, dan berbagai hal yang gak akan pernah lekang oleh waktu. Buat kamu yang belum kenal Bengkulu, yok lah, kamu sedang berada di laman postingan yang tepat. Di sini kamu akan dapatkan informasi tentang Bengkulu dan ragam tempat wisatanya yang indah. Silakan baca artikel ini sampai kelar.

Bengkulu merupakan salah satu nama ibu kota provinsi yang berada di Pulau Sumatera. Provinsi Bengkulu memiliki batas wilayah yang berdampingan dengan Sumatera Barat di utara, berbatasan dengan Jambi dan Sumatera Selatan di sebelah timur serta berbatasan dengan Lampung di Selatan. Masyarakat Bengkulu mayoritas bersuku Melayu dan menganut agama Islam, namun nilai toleransi wajib dijunjung-tinggi di sini.

Read More

Selain itu, nama Bengkulu tak luput dari sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, pasalnya Bengkulu pernah jadi salah satu tempat pengasingan  The Founding Father of Indonesia, Ir. Soekarno. Dan di sini jua-lah Bung Karno menikah dengan Ibu Fatmawati, perempuan cantik asli Bengkulu, Sang Penenun bendera pusaka Merah Putih. Dan sampai saat ini, rumah pengasingan Bung Karno menjadi salah satu tempat wisata sejarah di Bengkulu yang selalu ramai dikunjungi.

Itulah sepintas profil singkat Bengkulu, berikut ini adalah beberapa tempat wisata asyik di Bengkulu yang harus kamu kunjungi.

1# Rumah pengasingan Bung Karno

tempat wisata asyik di bengkulu © 2017 - anakUNIB.com
Rumah kediaman Bung Karno pada masa pengasingan di Bengkulu 1938 – 1942 / via: bengkulutriathlon

Seperti yang sudah kami berikan di atas, bahwa salah satu daya tarik Bengkulu yaitu pernah jadikan sebagai tempat pengasingan tokoh proklamator Indonesia yakni Ir. Soekarno. Hingga saat ini, tempat tempat tinggal Bung Karno tersebut masih terawat dengan baik.  Banyak momen histori yang berjalan sepanjang masa pengasingan di Bengkulu ini, seperti  beliau berjumpa dengan Ibu Fatmawati, seseorang gadis asli Bengkulu yang pada akhirnya dipinang Bung Karno untuk menjadi istrinya. Ibu Fatmawati juga adalah orang  yang dulu menjahit Bendera Sang Saka Merah Putih untuk dikibarkan dalam acara Proklamasi Kemerdekaan Negera Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

2# Fort Marlborough (Bengkulu: Benteng Malboro)

tempat wisata asyik di bengkulu © 2017 - anakUNIB.com
Benteng Marlborough Bengkulu / via: burufly.com

Tempat wisata di Bengkulu yang selanjutnya adalah Benteng Marlborough. Selain tempat wisata, benteng ini adalah benteng bersejarah yang menjadi saksi perjuangan bangsa Indonesia melawan Inggris. Benteng ini dibangun pada 1713 – 1719 oleh East India Company (EIC). Luas Benteng Marlborough sekitar  44.100 m persegi dengan panjang 240,5 m dan lebar 170,5 m, menghadap ke arah selatan dan membelakangi Samudra Hindia.

Bentuk arsitektur bangunan Benteng Marlborough ini mirip kura-kura, terdapat jembatan yang menghubungkan bagian kepala dan badan, sebuah jembatan di atas parit yang membentuk ekor dan jembatan yang menghubungkan jalan masuk dengan bagian luar.

tempat wisata asyik di bengkulu © 2017 - anakUNIB.com
Penampakan Benteng Marlborough dari atas

Untuk menjadi bangsa yang besar kita harus mengenal sejarah, kita ambil hikmahnya dari setiap peristiwa.

3# Pantai Panjang / Long Beach

tempat wisata asyik di bengkulu © 2017 - anakUNIB.com
Suasana sore di Pantai Panjang Bengkulu / indonesia.travel

Objek wisata Bengkulu yang satu ini memiliki banyak fasilitas yang okebanget, dari penginapan, restoran dan cafe, pusat perbelanjaan, arena bermain anak, hingga fasilitas olah raga. Gak diragukan lagi, Pantai Panjang adalah salah satu pesona wisata di Bengkulu yang paling populer. Bagi masyarakat lokal, pantai ini adalah juga salah satu tempat berolahraga, seperti jogging pagi atau sore hari di lintasannya, main bola pantai, basket, volly, dll.

Pohon cemara dan pohon pinus yang tumbuh di sepanjang bibir pantai adalah daya tarik lain yang melengkapi keindahan panorama matahari tenggelam di kawasan pantai. Pantai Panjang memiliki pasir putih yang halus sehingga saat kamu berjalan maka pasirnya tidak akan mengotori kaki. Berolahraga di pantai ini merupakan kegiatan yang tepat karena di sepanjang pantai tersedia jogging track.

Untuk menuju Pantai Panjangan ini, bila dari pusat kota, kamu hanya butuh waktu sekitar 10 – 15 menit untuk dapat sampai dan menikmati suasana di Pantai Panjang.

4# Pantai Tapak Paderi

tempat wisata asyik di bengkulu © 2017 - anakUNIB.com
Pantai Tapak Paderi / triptrus.com

Tak jauh dari Benteng Marlborough lebih kurang 100 meter, kamu akan disuguhi dengan keindahan Pantai Tapak Paderi namanya. Pantai ini terhubung dengan Pantai Panjang dan Pantai Jakat di Bengkulu, sebuah pantai yang pada awal mulanya adalah pusat pelabuhan laut pertama di Bengkulu serta menjadi penunjang transportasi laut pemerintah Inggris di Bengkulu pada masa.

Dari bagian atas Tapak Paderi, kamu dapat menyaksikan keindahan laut Bengkulu. Berjalan-jalan kaki di sekitar pantai atau menikmati jagung bakar di pantai ini adalah kegiatan menarik yang dapat kamu nikmati. Selain itu, di sini kamu akan dimanjakan oleh tempat-tempat berfoto unik kekinian yang telah disediakan, spot foto Sendal Jodoh yang paling populer di sini, Waw!

tempat wisata asyik di bengkulu © 2017 - anakUNIB.com
Sendal jodoh di pantai Tapak Paderi Bengkulu / hipwee
tempat wisata asyik di bengkulu © 2017 - anakUNIB.com
Spot foto di Tapak Paderi

5# Pantai Jakat

tempat wisata asyik di bengkulu © 2017 - anakUNIB.com
Dayung perahu kano di pinggir Pantai Jakat / liputan6

Pantai Jakat selalu ramai, terutama pada minggu sore. Pantai ini menjadi tempat wisata favorit keluarga, kedalaman bibir pantainya hanya berkisar 0 sampai 1,5 meter saja. Pantai Jakat Terletak sekitar 1 km dari pusat kota Bengkulu. Di pantai Jakat terdapat aktivitas nelayan tradisional yang berdomisili di sekitar kawasan pantai. Atraksi wisata yang tersedia berupa kegiatan Arena Bermain Banana boat, Jet Ski, dan Berenang manja.

Pantai Jakat dapat ditempuh kurang lebih 10 menit dari pusat kota. Untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung, pemerintah daerah terus membenahi dan menata kawasan di sekitar pantai ini.

6# Pulau Tikus

tempat wisata asyik di bengkulu © 2017 - anakUNIB.com
Brrr… asyik. Pulau Tikus / merdeka.com

Pulau mungil ini memiliki sejuta pesona yang luar biasa. Bagi para pemancing, pulau ini menjadi salah satu spot yang wajib untuk dikunjungi. Dan bagi yang ingin snorkeling, pulau ini juga kaya akan terumbu karang dan ikan-ikan cantik. Rasanya keindahan pulau ini sangat pantas jika disandingkan dengan keindahan pulau Gili yang ada di Lombok. Hm~

tempat wisata asyik di bengkulu © 2017 - anakUNIB.com
Perahu layar / wisatao.com

Pulau Tikus berada di 10 km di arah barat dari kota Bengkulu. Untuk mencapai Pulau Tikus terdapat 2 (Dua) opsi rute. 1) Dari Pantai Jakat dengan menyewa kapal nelayan. Perjalanan dari sini akan memakan waktu lebih kurang 1 jam. 2) Lewat Pelabuhan Pulau Baai lalu sewa boat. Dari sini sekitaran 40 menit kamu udah bisa menikmati indahnya Pulau Tikus.

7# Musem Negeri Bengkulu

tempat wisata asyik di bengkulu © 2017 - anakUNIB.com
Halaman depan Museum Negeri Bengkulu / bolehtanya.com

Di sini kamu bisa lihat koleksi histori seperti geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika, filologika, keramologika, seni rupa, sampai teknologika. Keseluruhan ada sekitaran 6.220 ragam koleksi.

tempat wisata asyik di bengkulu © 2017 - anakUNIB.com
Beberapa penampakan isi Museum Negeri Bengkulu

Museum ini di buka setiap hari, kecuali Senin, dari jam 8.00 WIB hingga 13.00 WIB. Hampir semua tersebut adalah benda budaya kategori etnografi atau benda budaya yang merupakan perlengkapan hidup, seperti kain tenun tradisional, benda upacara, senjata dan lainnya; baik yang masih dipakai dan diproduksi maupun perlengkapan kuno yang sudah tidak digunakan lagi.

8# Tugu Thomas Parr

tempat wisata asyik di bengkulu © 2017 - anakUNIB.com
Gagah dan kokoh Tugu Thomas Parr / flickr

Tugu Tomas Parr (Parr Monument) adalah salah satu bangunan bersejarah peninggalan Inggris yang ada di jantung Kota Bengkulu. Orang Inggris memberi nama “Parr Mausoleum” (kuburan besar Gubernur Parr). Sedangkan orang Bengkulu menyebutnya sebagai “Kuburan Bulek” (Kuburan Bulat) – mungkin karena bentuk fisik bangunannya yang bulat. Dan setelah kedatangan Sir Thomas Stamford Raffles, lebih popular dengan nama “ Raffles Park” (Taman Raffles).

9# Danau Dendam Tak Sudah

tempat wisata asyik di bengkulu © 2017 - anakUNIB.com
Menikmati kepala muda pinggir Danau Dendam Tak Sudah / wacana.co

Danau ini memiliki nama yang agak seram. Kalau dalam bahasa kerennya, dendam membara yang gak selesai-selesai. Danau ini memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Masih sangat terjaga dari kejahilan tangan manusia.

Danau ini terletak di Kelurahan Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Danau yang dikelilingi bukit-bukit hijau ini merupakan kawasan cagar alam yang menyimpan banyak potensi ekologi dan keseimbangan ekosistem. Di sore hari sangat rame muda-mudi kongkow di sini menikmati udara segar danau yang ditemani minuman kelapa muda dan jagung bakar sedaapp.

10# Kampung Cina

tempat wisata asyik di bengkulu © 2017 - anakUNIB.com
Gerbang Kampung Cina di Bengkulu / Pinterest

Di Bengkulu juga ada Kampung Cina. Kampung ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Bengkulu yang menarik untuk dikunjungi karena sengaja dijaga keasliannya oleh pemerintah. Letaknya gak jauh di sebelah selatan dari Benteng Marlborough.

Berdasarkan data sejarah kawasan ini merupakan pemukiman Cina sejak masa Kolonial Inggris. Keterangan tersebut mendukung keberadaan peninggalan-peninggal arkeologi di kawasan tersebut yang berupa rumah tinggal yang mempunyai arsitektur asli Cina.


Masih banyak lagi tempat wisata di Provinsi Bengkulu yang akan memanjakan kamu. Akan kami ulas pada kesempatan berikutnya. Bersambung … ~

KEMON, #VISITBENGKULU #BENGKULUCAMKOHA

  • Whatsapp

Related posts