Kuliah sambil kerja, Why not?

  • Whatsapp
kuliah sambil kerja © anakunib.com 2017
wisuda. source: wikihow

Teruntuk Sobat kampus, #anakUNIB, sebagai seseorang yang udah kulaih, ada berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Right??? Misal kamu harus membayar tagihan kos dan listrik, memenuhi kebutuhan makan perbulan, beli buku, fotocopy ini itu, jajanin pacar, dan atau sekedar kongkow dengan sohibmu di kantin perpus. Itu semua perlu piti a.k.a uang. Syukur kalo kamu berasal dari keluarga mampu, kalo seperti kami dari keluarga pas-pasan aja, gimana? .. hmm.. So, dengan banyak kebutuhan hidupmu, kamu akhirnya memutuskan kuliah sambil bekerja –mengais rezeki demi masa depan cerah. Hehe.

Bener sih, kerja sambil kuliah itu ga mudah, kamu harus pandai-pandai mengatur waktu. Jangan sampai karena pekerjaan, pelajaran di bangku kuliah jadi berantakan. Bagi waktumu secara seimbang dengan bersikap bijaksana, membuat rencana yang baik, dan sebaiknya mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekat.

Read More

Berikut ada beberapa tips yang dapat kamu coba, kuliah gak terganggu dan kerja lanjut terus. Cekidot!

#1 – Buat dan aturlah jadwal yang baik

kuliah sambil kerja © anakunib.com 2017
Kamu harus bisa mengatur jadwal antara kuliah dan kerja dengan baik.

Buatlah jadwal yang fleksibel. Tentukan jadwal untuk mengerjakan tugas  dan belajar di luar waktu kuliah dan jadwal jam bekerja. Atur juga jadwal kegiatan rutin yang bisa kamu laksanakan dengan baik, tetapi masih bisa disesuaikan jika ada keperluan lain yang lebih penting. Sebagai mahasiswa yang bekerja, kamu harus siap jika ada penugasan / jadwal baru, urusan mendadak, dan masalah yang harus segera diselesaikan. Tentukan jadwal belajar yang cukup panjang agar masih ada waktu jika kamu belum sempat belajar karena ada keperluan yang gak terduga.

Jangan lupa siapkan kalender. Catatlah tugas yang harus kamu selesaikan setiap hari. Dan coretlah tugas yang sudah kamu kerjakan. Dengan demikian, Kamu bisa melihat berapa banyak tugas yang sudah selesai dan mengatur jadwal untuk tugas lain yang masih menanti.

Jika kamu tinggal serumah dengan orang lain, letakkan kalender ini di tempat yang bisa dilihat oleh semua orang. Dengan demikian, mereka gak akan membuat rencana yang melibatkan kamu ketika kamu gak bisa ikut.

#2 – Biasakan belajar yang efisien

kuliah sambil kerja © anakunib.com 2017
Gunakan waktu untuk belajar secara efektif dan efisien.

Buatlah catatan selama mengikuti kuliah. Berfokuslah pada topik utama yang dibahas selama pelajaran, alih-alih memperhatikan informasi yang gak penting. Catatlah langkah-langkah utama dalam setiap proses, ringkaslah materi yang dijelaskan secara berurutan, informasi yang dosen Kamu sampaikan berulang-ulang, dan semua materi yang ditulis di papan atau diktat kuliah. Dosen akan menanyakan informasi tersebut dalam ujian, jadi, catatlah secara lengkap. Jika kamu gak masuk kuliah karena alasan tertentu, bertanyalah kepada teman apakah ia bersedia membagikan catatannya kepadamu.

Belajarlah secara teratur. Mulailah belajar setelah kuliah pertama selesai dan bacalah materi yang baru saja dibahas secara teratur. Jangan mengulur-ulur waktu dan memaksakan diri menghafalkan materi yang dibahas satu atau beberapa bulan lalu dalam semalam. Otak kita gak akan sanggup mengolah dan menyimpan informasi dalam jumlah banyak sekaligus. Tanyakan kepada dosen pengajar, bila ada hal yang belum kamu pahami.

#3 – Bekerja juga harus efisien

Buatlah daftar pekerjaanmu dari yang paling mudah dikerjakan sampai yang tersulit.

Tulislah semua tugas yang harus kamu selesaikan. Buatlah daftar tugas-tugas yang mudah dan yang sulit dilakukan. Rapikan tempat kerjamu. Merapikan tempat kerja adalah cara produktif untuk mulai bekerja, misalnya dengan membenahi barang-barang yang menumpuk, menyimpan berkas, formulir, dan lain-lain.

Biasakan bekerja sama dalam tim. Delegasikan tugas dengan melakukan pembagian tugas agar pekerjaan yang rumit bisa diselesaikan bersama-sama dengan melibatkan anggota tim yang lain. Jangan menghabiskan waktu seharian hanya untuk menyelesaikan tugas sendirian, padahal bisa diselesaikan dalam beberapa jam saja jika dikerjakan bersama-sama.

#4 – Hindari Stres (sangat penting)

kuliah sambil kerja © anakunib.com 2017
Hindari stress berat. Soucer: pixabay.com / Geralt

Untuk menghindari stres, pisahkan antara bekerja dan belajar. Jangan memikirkan pekerjaan selama kamu belajar dan sebaliknya. Berfokuslah melakukannya satu per satu. Gunakan waktu dengan baik pada tempatnya.

kuliah sambil kerja © anakunib.com 2017
Istirahat cukup dan jaga kesehatan tubuh.

Kamu juga harus sediakan waktu untuk beristirahat agar bisa kembali bekerja/belajar dengan pikiran yang jernih. Biasakan juga tidur malam yang cukup, konsumsi makanan yang sehat, banyak minum air putih, dan yang terpenting jangan lupa ibadah kepada Tuhan –Sang Penguasa Jagat Raya.

#5 – Membiasakan diri untuk selalu berpikir positif

kuliah sambil kerja © anakunib.com 2017
Senyum. Berpikir positif akan membuat kamu lebih bergairah.

Keterbatasan waktu terkadang membuat Kamu kesulitan menyelesaikan tugas. Jadi, lakukan apa yang menjadi prioritas dan jangan menyalahkan diri sendiri jika ada tugas yang belum terlaksana sesuai rencana. Jadilah pribadi yang positif dan bersyukurlah atas kesempatan bekerja dan kuliah, dua hal yang gak dimiliki banyak orang di dunia ini. Sekali lagi, bersikaplah realistis dan tentukan prioritas.

Kamu juga bisa merayakan kesuksesan kecil dan besar. Biasakan mengukur progres yang kamu capai. Berilah “reward” untuk dirimu sendiri, ini akan membuat kamu lebih fokus dan semangat untuk menggapai apa yang kamu cita-citakan. Boleh juga merayakan keberhasilan bersama teman-teman dan keluarga mu, dengan seperti ini mereka akan men-support apa yang kamu lakukan sehingga energi-energi positif akan selalu mengalir dalam jiwamu.

Dan terakhir, orang bijak mengatakan:

ORANG SUKSES DAN BERHASIL ITU PASTI MELALUI BANYAK PERJUANGAN DALAM HIDUPNYA. IKUTI PROSES DENGAN BAIK DAN JANGAN LUPA IBADAH KEPADA TUHAN MU!

~How?!

  • Whatsapp

Related posts