Coba lakukan 7 kegiatan ini, agar kamu gak dibilang sarjana pengangguran

  • Whatsapp
Young funny man in glasses writing on typewriter
banner 468x60

Jadi seorang sarjana dan mungkin dengan nilai yang terbilang tinggi untuk saat ini bukan lagi patokan buat kamu cepat mendapatkan pekerjaan. Sarjana pengangguran juga bukan lagi hal yang mengherankan. Mencari pekerjaan itu juga gak segampang yang kamu pikiran. Gak bisa kamu anggap semacam ujian skripsi, kamu hanya perlu ngejawab pertanyaan-pertanyaan dosen penguji dengan baik dan benar. Tanpa ada saingan. Hm~~

Sobat kampus, setelah wisuda dan jadi sarjana, lalu mencari pekerjaan –ngelamar sana sini. Kamu akan bersaing dengan ratusan bahkan ribuan sarjana lain sepertimu diluaran sana.

Read More

banner 300250

Tapi, kamu ga perlu khawatir, Sobat. Sesulit apa pun mencari pekerjaan, kamu gak boleh putus asa dan menyerah dengan keadaan. Kamu harus terus giat mencari sambil berbenah diri , berdoa dan mempelajari letak kekuranganmu di mana.

Benar sih, jadi pengangguran juga bukanlah hal mengenakan bagimu. Ada saja komentar keluarga, tetangga atau teman-temanmu yang gak enak sampe ke telingamu. Belum lagi pertanyaan, “Sekarang kerja dimana? ”, “Sibuk apa nih sekarang? ”, kamu pasti bingung mau jawab apa, mau bilang gak ada kerja gengsi dengan gelar sarjana. Pun mau bilang ada, faktanya kamu hanya dirumah aja –nganggur. Ah…buzzeett!

Nah, untuk mengubah tanggapan orang-orang karena kamu belum dapat pekerjaan tetap, coba deh Sobat kampus lakuin beberapa contoh aktivitas positif di bawah ini. Di jamin mereka gak bakal bilang kamu sarjana pengangguran atau apalah itu namanya. Kamu tetap PeDe dan berasa enjoy bila ditanyain dengan pertanyaan di atas tadi.

# Sibukan dirimu untuk menghadiri acara-acara diskusi, seminar, atau kegiatan-kegiatan kreatif lainnya. Tapi pastikan itu adalah gratis ya Sobat.
tips pengangguran
Seminar. source: pixabay.com / felixioncool

Untuk kegiatan seperti ini kamu hanya butuh aktif mencari informasi. Ada banyak kegiatan-kegiatan seperti kegiatan sosial, budaya, komunitas-komunitas seni  atau seminar yang dibuat secara Free. Kamu bisa deh daftarin diri ke kegiatan itu, jadi se-enggaknya  tambah teman, pengalaman, pelajaran untuk memperbaiki kualitas dirimu.

# Kalo kamu punya barang yang gak kepake, dari pada dibuang sia-sia mending dijual, lumayan buat tambah uang jajan. Jadi reseller produk online shop atau kamu bikin online shop sendiri patut untuk dicoba.
sarjana pengangguran
Buka online shop. Source: pixabay.com / photo-mix

Gak perlu malu untuk memulai usaha. Asalkan itu halal lakuin aja. Dari sini kamu dapat banyak belajar tentang ilmu marketing/internet marketing, kamu jadi tahu gimana ngadepin pelanggan, cari produk laris manis, dan lain sebagainya. Kalo kamu tekun, kamu bisa jadi pengusaha atau pakar internet marketing.

# Bantu usaha orang-tua atau bisnis keluargamu, meskipun hanya jaga toko atau warung makan sekitar kampus misalnya.
sarjana pengangguran
Kerja part-time. Source: Hotcourses.co.id

Kamu udah jadi sarjana lho, malu dong kalo taunya cuma bisa minta duit orang tua aja. Buat nguliahin kamu aja mereka udah banyak keluarin duit, lah… udah sarjana masih mau nyusahin juga? Malu dongseee.

Ya… Kamu sudah semestinya miliki rasa malu dengan mereka yang bekerja banting tulang untuk memperoleh pundi-pundi rupiah. Terlebih juga kamu udah masuk usia dewasa. Jadi sekurang-kurangnya bantulah apapun itu usaha orang tua kamu.

# Ga ada salahnya kamu coba-coba jadi seorang freelancer, yang terpenting bagi kamu adalah punya kegiatan yang menghasilkan.
Sarjana
Jadi seorang freelancer. Source: Suara.com

Ada orang bijak mengatakan “Gak usah pilih-pilih kerjaan untuk memulai sebuah karir”.  Gak ada kelirunya kamu kerja “serabutan” jadi pekerja lepas kalo kerjaan tetap memang belum bisa kamu dapatkan saat ini. Toh yang kamu butuhkan bukan jenis kerjanya tapi duitnya. Sekali lagi, lakukan itu bila itu halal!

# Fokus buat menekuni hobi kamu, siapa tahu itu adalah pundi-pundi yang dapat menghasilkan banyak uang.
sarjana pengangguran
hobi yang dibayar, mengasyikan. source: business2community.com

Ghost Writer, Content Writer, Photografer, Bermain musik, dll. Apapun jenis hobimu coba deh difokusin, gali terus potensi yang ada dalam dirimu. Banyak kok contoh orang yang punya penghasilan mumpuni berawal dari hobi yang mereka kembangin.

“Kerja yang menyenangkan itu adalah melakukan hobi yang dibayar”

 

# Daripada bosan nunggu panggilan pekerjaan, mending kamu pergi travelling ke tempat-tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Tapi pastikan kamu punya tabungan ya.
sarjana
Jalan-jalan, YES!. source: worldofwanderlust.com

Orang bilang pergi jalan-jalan a.k.a travelling itu adalah salah satu cara untuk mengurangi stress, kejenuhan, dll. Lakukan kegiatan ini untuk men-charge energi-energi positif dan membuang energi negatifmu. Siapa tahu dengan seperti ini kamu akan menjadi lebih fresh atau bahkan ditempat yang baru kamu kunjungi itu bisa mempertemukan kamu dengan pekerjaan yang kamu cari selama ini.

# Terakhir, aktivitas yang okebanget untuk kamu cobain adalah menjadi  volunteer.
mengabdikan diri untuk pendidikan. source: pixabay.com/janeb13

Gak semua kegiatan sebagai volunteer a.k.a sukarelawan itu gratis, ada juga yang nyediain fee-nya buat kamu. Biasanya gak terlalu gede-gede amat sih, tapi setidaknya kamu bisa memiliki penghasilan. Tapi, kalo kamu memiliki jiwa sosial tinggi, uang bukan segalanya bagimu. Dengan bergabungnya kamu untuk menjadi bagian dari kegiatan-kegiatan sosial kemanusian seperti sukarelawan mengajar ke plosok-plosok desa, kamu akan mendapatkan kepuasan batin yang gak bisa diukur dengan uang. Selain itu kamu juga bisa sambil jalan-jalan serta menambah pengalaman dan keluarga baru. Dengan demikian kamu tetap kece, menjadi pengangguran berkelas.

So, Sobat, jadi pengangguran bukan lagi hal yang memalukan atau bahkan menyedihkan bagimu kalo kamu coba lakuin beberapa kegiatan di atas. Kamu juga gak akan linglung lagi buat jawab pertanyaan “Sibuk apa nih sekarang?” atau “Kerja dimana?”.

Tapi ya, mudah-mudahan nganggurnya gak lama-lama amat yak!

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *